Jumat, Mei 30, 2008

Potret Aceh lewat jepretan Surveyor Pemetaan

selepas terjadinya tsunami bisa dibilang ribuan bahkan jutaan foto beredar tentang aceh. Diambil baik oleh fotografer profesional ataupun amatir. foto yang menggambarkan korban tsunami, program rehabilitasi dan rekonstruksi, keindahan alam, foto survei dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan saya termasuk yang beruntung bisa memotret lansung persitiwa tersebut, dengan berbekal kamera dijital 5M olympus, puluhan mungkin ratusan foto peristiwa pasca tsunami telah saya ambil. Sebagian foto tersebut terutama pfoto pada masa darurat di Aceh telah dimuat dalam album atlas tsunami diterbitkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL). Pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh, saya masih melanjutkan pengambilan-pengambilan gambar tersebut. Kali ini saya memakai NIKON 40X resolusi 10 M yang saya beli saat menghadiri worskhop di Kyoto 9-16 Desember 2007. hasilnya memang luar biasa tajam.

Kelebihan NIKON memang pada lensanya, boleh dibilang bila di potret dengan kamera ini jerawatpun akan tampak besar. Saya coba lihat-lihat kembali foto-foto tersebut, ternyata foto memberikan sejuta kata. Saya berminat membuat album foto-foto tersebut dalam bentuk buku, sebagai satu sumbangsing saya buat pemerintah Aceh. Kedepan bergabung dalam acara galeri atau pameran fotografi bukanlah sesuatu yang mustahil. Banyak dari foto-foto tersebut yang menggambarkan spirit membangun wilayah Aceh dan Nias dari kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami. Mudah-mudahan ide ini terealisir.

Banda Aceh, 30 Mei 2008

Tidak ada komentar: