Rabu, Januari 30, 2008

Perilaku ekstrim karyawan

Waktu masih menunjukkan pukul 10.00 WIB saya melihat sudah ada beberapa karyawan BRR yang sudah datang termasuk dua dari lima staf di tim geospasial dimana saya di amanahkan menjadi team leader. Saya terbiasa datang awal di kantor bukan karena sebagai ketua tim tetapi supir yang menjemput sya terlalu rajin. Pukul 7 pagi supir sudah datang dan biasanya saya baru berangkat pukul 7.30 sekitar pukul 8 sudah sampai dikantor. Jam kantor resmi sesuai peraturan yang dikeluarkan kepala adalah pukul 8.30 hingga pukul 17.00. Secara diam-diam saya mengamati perilaku karyawan di ruangan. Tiada manusia yang sempurna itulah rambu-rambu yang saya ketahui.Namun dalam ketidak sempurnaan manusia saya tetap harus menilai perbuatan baik diantara mereka sebagai pembelajaran untuk perbaikan pribadi.

Ada perilaku ekstrim diantara dua karyawan/staf yang saya lihat inilah gambaran perilaku mereka.

  1. Ada staf yang biasa datang ke kantor siang (biasa datang di atas jam 10 bahkan beberapa kali jam 11.30 karena harus ke bengkel dahulu atau karena ketiduran sehabis sholat malam mesti selalu lapor akan keterlambatannya), biasa berangkat setelah sholat dhuha, rajin ke masjid dan sholat tepat waktu, sering lama di masjid bisa lebih dari 1 jam (entah zikir atau istirahat siang), mengharamkan tv, musik kecuali instrumentalia, nasyid dan suara alquran yang sering diputar dan kadang sampai ke telinga saya seolah ingin mengatakan inilah yang benar. Rajin bayar zakat, suka mengingatkan orang akan wajib zakat, halal dan haram karena dianggap juga kebathilan bila dibiarkan, punya obsesi jadi ustad karena merasa tahu agama atau jadi pejabat eselon dikantor. Kualitas kerja biasa-biasa tidak terlalu menonjol bahkan terkesan lamban. Punya kepercayaan diri tapi susah menerima sesuatu yang baru, tidak suka kritik dan menyampaikan secara terus terang ketidaksukaanya sehingga perlu penjelasan logis kenapa kita mengkritiknya. Tidak banyak bertanya dalam hal pekerjaan mesti belakangan diketahui bahwa dia tidak tahu. Tidak suka oprek-oprek komputer atau eksplore aplikasi sehingga terkesan gaptek. Dalam keseharian Irit dan terkesan pelit dan cuek kepada yang lain termasuk atasan. Selalu makan snack sambil bekerja, tetapi tidak pernah menawarkan makanan yang sedang dimakan kepada rekan lain. Sekilas hanya memikirkan kepentingan pribadi. Tanpa salah kadang pulang jam 17.00 atau selepas magrib. Galak dan tegas terhadap karyawan di bawah
  2. Ada staf lain yang datang pagi, tidak sempat sholat dhuha dirumah karena berangkat pagi, dan dikantor karena kesibukan sering lupa sholat dhuha dikantor disamping juga tidak ada tempat kecuali dia pergi ke mushola, sholat 5 waktu juga ontime dan tidak berlama-lama di masjid kecuali dia sakit dan istirahat di masjid, tidak tahu apa suka sholat malam dan bayar zakat karena tidak pernah bicara tentang ini. Tidak pantang menyetel musik mesti amat jarang mendengarkan, tidak diragukan kemampuan kerjanya dan penuh inovatif, sedikit royal kepada teman dan perhatian kepada atasan, tidak suka menasehati orang terkesan cuek karena dianggap sudah dewasa tetapi selalu menjadi tempat bertanya rekan lain. Pulang selalu paling akhir karena eksplore komputer dan mencari berbagai aplikasi pendukung kerjanya. Tidak percaya diri untuk tampil kecuali terpaksa. Tidak peduli kritik, akrab dengan bawahan dan easy going tetapi tidak suka dinasehati soal agama terlebih halal haram.


Tidak ada komentar: