Selasa, Januari 29, 2008

Sikap Kita Menghadapi Penyakit

Bagaimana kita bersikap bila terkena suatu Penyakit.

Selepas sholat zuhur, saya sempat mendengarkan kultum ternyata isinya sangat menarik untuk saya sharing. Yaitu bagaimana sikap kita bila sakit. Berangkat dari pengetahuan bahwa alquran adalah obat dari segala penyakit. Sakit bisa jadi adalah cobaan sebagaimana Allah menguji nabi Ayub dengan penyakitnya, atau bisa juga sebagai cara Allah menghukum kita sebagai penebus dari dosa yang kita lakukan, banyak hadist yang bicara tentang ini. Ibarat orang tua yang menghukum anaknya yang nakal agar kembali menjadi baik.

Selain sabar bagaimana sikap kita bila sakit?. Ini saran baik yang diberikan.
1. Ucapkanlah istigfar dan perbanyaklah beristigfar, karena boleh jadi kita telah berbuat dosa yang tidak kita sadari.
2. Lakukanlah sholat hajat dan doa2 kepada Allah, mohon petunjuk agar kita menyadari dosa yang kita perbuat dan bertobat
3. Segara perbanyak amal atau menyempurnakan zakat yang barangkali belum kita bayar. Sesungguhnya perbuatan baik menutupi perbuatan buruk.
4. Baru beriktiar, baik kedokter atau pengobatan alternatif selain ke dukun yang hukumnya haram. Pengobatan alternatif yang baik adalah obat racikan dari tumbuh-tumbuhan yang umumnya tidak mempunyai effek samping. Obat-obtan dari dokter sudah jadi rahasia umum juga bersifat racun.

semoga berguna...mari lestarikan lingkungan kita dengan menanam pohon atau tanaman obat-obatan..

Tidak ada komentar: