Senin, April 07, 2008

Aset data Geospasial Tematik NAD

Gambar pertama ini adalah ilustrasi aset data tematik spasial yang dihasilkan selama program rehabilitasi dan rekonstruksi. Aset ini meliputi peta tematik berupa peta tata ruang baik tingkat desa (village planning) hingga tata ruang kabupaten dan kota, peta infrastruktur jalan, lokasi dan sebaran perumahan, peta geologi dan potensi sumberdaya alam, dan data tematik yang dihasilkan dinas seperti peta kawasan hutan, peta Daerah aliran sungai termasuk beberapa produk cetak. Satuan tugas geospasial mengumpulkan sekitar 50 peta tematik.

Selain alat dan data, terdapat pula sistem aplikasi yang dihasilkan. Sistem tersebut berupa webGIS dan sistem metadata. WebGIS menggunakan Mapguide Enterprise (MGE) dan sistem metdata menggunakan geonetwork. Kedua sistem tersebut merupakan bagian dari tranfer aset untuk memperkuat capacity building. Ilustrasinya terlihat pada gambar di atas.

Terkait program IDSN, data asset yang dihasilkan berupa metadata foto dan data TLM. Subtansi metdata telah disusun selama periode 2006, menyangkut isi seperti deskripsi data, peraturan perolehan data, status kepemilikan. Selama periode 2007 hanya dilakukan data entry. harusnya perkerjaan mudah ini dapat dilakukan secara cepat. Namun karena hambatan teknis, tidak seluruh data geospasial yang ada dapat diselesaikan. Ilustrasi aset terkait IDSN tersaji dalam gambar paling bawah ini

Tidak ada komentar: