Jumat, April 11, 2008

Survei IDSN di Propinsi NAD

Mulai senin nanti insyaallah saya akan mengikuti survei potensi pusat GIS di seleuruh kabupaten NAD Nias. Ada sekitar 23 kabupaten yang akan saya kunjungi. Rencananya kami akan mulai menyisir pantai timur mulai dari Sigli kabuapetn piddie hingga Langsa dan Aceh Tamiang. Setelah Itu menyusuri Pantai Barat mulai dari Aceh Jaya-Calang, hingga Singkil, Kabupaten Aceh Singkil.

Survei ini dilakukan dalam rangka menidentifikasi potensi pusat-pusat GIS dan infrastruktur penunjang kegiatan pemakaian data geospasial. Pasca tsunami, di propinsi Aceh Banyak terdapat kegiatan pemetaan. Hanya sayangnya data tersebar secara tidak merata. Oleh karena itu kami mencoba mengambil dan menjemput bola untuk mendistribusikan data data geospasial yang ada sekaligus mengidentifikasi dat spasial yang ada di kabupaten.

Kami juga menyebarkan quesioner seperti tersaji di bawah :

Petunjuk pengisian

  1. Mohon setiap pertanyaan dijawab dengan lengkap dan sedetail mungkin guna membantu dalam penyusunan rencana dan bantuan teknis yang tepat dalam rangka pengembangan pusat GIS kabupaten di wilayah Anda. (Please answer the following as best you can so we will be able to properly plan and assign the proper assistance to your GIS center.)
  2. Anda dapat pula menggunakan format sendiri dan mohon hasil pengisian dapat dikirim ke alamat m.darmawan@brr.go.id and drmoel@yahoo.com. (Please feel free to type up your own style document and email to m.darmawan@brr.go.id or drmoel@yahoo.com)

Administrasi/Administration

Organisasi/organization :

……………………………………………………………………..

Posisi Geografis/Geographic position :

Kontak person/Contact Information :

……………………………………………………………………..

Nama/Name :

……………………………………………………………………..

Nomer telepon/Phone Number :

……………………………………………………………………..

Nomer fax/Fax Number :

……………………………………………………………………..

Alamat email/Email address :

……………………………………………………………………..

Geographic Information System (GIS)

1. Apakah organisasi anda sekarang mengunakan GIS? (Are your organizations currently using GIS?) Ya (Yes), Tidak (No)

2. Apakah organisasi anda membuat layer GIS atau shape file? (Have your organization created any GIS layer or shapefile?) : Ya (Yes), Tidak (No)

3. Jika ya, apa nama layer tersebut dan lembaga yang akan mengelola data tersebut? (If so, what layer and what organization for maintaining the data?). Boleh memilih lebih dari 1 jawaban (you may check more than one)

4. Layer apa yang paling dibutuhkan dan belum tersedia? (What layers are you interested and has not available?). Boleh memilih lebih dari 1 jawaban (you may check more than one)

5. Berapa jumlah staf anda yang telah mendapatkan training GIS? (How many of your staff members received GIS training?)

6. Departemen apa yang tertarik dalam penggunaan GIS? (What departments are interested in using GIS?)

7. Untuk keperluan apa GIS digunakan? (What would GIS use for?)

8. Seberapa banyak pekerjaan di departement atau lingkungan sekitar anda yang menggunakan bantuan GIS? (How many type of work on your department are using GIS)

9. Berapa jumlah pengguna GIS yang terdapat di departement atau lingkungan sekitar anda? ((How many person on your department are familiar with GIS)

Perangkat keras dan perangkat lunak (Hardware and software)

10. Spesifikasi komputer yang umum terdapat di departmen Anda (please mention the common computer specification on your department):

11. Jumlah server yang tersedia (have any servers available?)

12. Apakah sudah terpasang jaringan komputer (is the computer networking installed)?

13. Berapa bandwidth internet yang digunakan (type of Internet bandwidth available)?

14. Apakah terdapat plotter (have any plotter within your organization)?

15. Perangkat lunak GIS dan penginderaan jauh yang tersedia (what types of GIS and remote sensing software are available):

Perencanaan/Planning

14. Apakah tersedia anggaran untuk pembelian hardware dan software (Is there money budget available for GIS hardware and software)?

15. Apakah tersedia anggaran untuk training (is there money budget available for GIS training)?

16. Apakah ada kemungkinan dan rencana untuk membayar staf honorer dalam bidang GIS (Is there a plan and possibility of hiring honorary staff that will be dedicated to GIS related task)

2 komentar:

muhammad mengatakan...

Saya adalah mahasiswa geografi, jurusan saya GIS
saya pingin punya PETA RBI aceh gimana, kalau di aceh GIS udah seberapa. (saya Orang Aceh)

Bokunokoto mengatakan...

Anda bisa menghubungi pusat jasa dan Informasi BAKOSURTANAL, Jln. raya Jakarta-Bogor Km 46 cibinong untuk perolehan lewat pembelian. Saat ini peta RBI dalam skala tertentu juga banyak tersedia di lembaga pemerintah dan NGO NAD,anda bisa pula menghubungi kantor- kantor Bappeda Propinsi NAD (disamping kantor DPRA) kota Alam, ataupun kantor Bappeda kota, dan beberapa kantor Bappeda daerah untuk perolehan data RBI guna keperluan riset Atau ke BRR di Satuan Tugas Geospasial jln. M. Thaher No. 20 Luengbata, Banda Aceh.
Di Aceh GIS cukup berkembang, terdapat komunitas seperti MAPIN (masyarakat Pengidneraan Jauh) NAD dan GIS consorsium NAD. Di unsyiah terdapat pula GIS center dan pusat mitigasi bencana Alam yang menggunakan GIS. Beberapa NGO lokal seperti FFI, YLI juga menggunakan GIS. Demikian semoga membantu.