Minggu, April 20, 2008

Daftar Program Intensif Ristek

Setelah lebih dari seminggu gagal mencoba, baik waktu pagi, siang dan malam akhirnya saya bisa juga mendaftar online program intensif di http://www.ristek.go.id. Entah kenapa pendaftaran online selalu gagal. Saya coba tanyakan ke bagian IT kantor sayapun mereka gagal. Awalnya saya curiga bandwith dikantor terlalu kecil untuk melakukan online registration (pendaftaran online) saya coba ke warnet di Banda Aceh ternyata juga gagal.

Program intensif dari ristek sungguh menggiurkan. Mereka menawarkan bantuan program riset mulai dari 250 juta hingga 500 juta, untuk fokus kegiatan meliputi ketahanan pangan, sumber energi baru dan terbarukan, teknologi dan managemen transportasi, teknologi informasi dan telekomunikasi, teknologi pertahanan dan keamanan dan teknologi kesehatan dan obat. baik untuk riset dasar, terapan, peningkatan kapasitas sistem produksi, percepatan difusi dan pemanfaatan iptek dan Riset unggulan strategis nasional yang untuk tahun ini ditiadakan.

Terus terang saya penasaran ingin melihat formulir pendaftaran seperti apa. Dalam kesempatan lain saya bepergian ke Lhokseumawe, disana saya coba dari fasilitas hotel juga gagal, bahkan lewat ipod dan ponsel juga gagal. Atas saran petugas hotel saya diminta pergi ke warnet paling anyar di lhokseumawe dan speednya juga tinggi karena pakai broadband. Ternyata disana pun gagal. aneh banget. gagalnya bukan saat membuka halaman ristek tetapi saat mau online selalu tertulis " the connection has time out" terlihat status posrt http://www.ristek.go.id:5001/.

Seolah menyerah, saya coba kirim email ke kawan untuk di copikan isi formulir pendaftaran. Karena alamat tersebut dapat dibuka dari wilayah Bogor. kawan tersebut akhirnya mengirimkan daftar isian pada online registration. Akhirnya entah mengapa malam ini tepat jam 21.39 saya bisa masuk ke tempat pendaftaran. Waktu tersisa masih satu hari. Akhirnya saya coba konsentrasi menulis dan mengisi formulir yang ada.

Saya sempat curiga, apakah port tersebut sengaja ditutup untuk wilayah di luar Jawa. Kalau iya ini kesalahan kantor Menristek. tetapi tidak mungkin hal ini dilakukan kantor menristek. tetapi yang jelas, saya bersyukur sudah bisa mendaftar online mesti belum tentu masuk. alhamdulillah

Tidak ada komentar: